…
loading

PBNU ajak Santri membangun kemandirian ekonomi

  • 65 Views
  • No Comments
  • 2 months ago

Kyai Said mengajak para Santri dan warga Nahdliyin untuk ikut membangun kemandirian ekonomi dan memeriahkan hari Santri pada 22 Oktober nanti.

HARI SANTRI ADALAH MOMENTUM KEBANGKITAN NEGRI. “Berperang menolak dan melawan pendjadjah itoe fardloe ‘ain (jang haroes dikerdjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempoean, anak-anak, bersendjata ataoe tidak) bagi jang berada dalam djarak lingkaran 94 km dari tempat masoek dan kedoedoekan moesoeh. Bagi orang-orang jang berada di loear djarak lingkaran tadi, kewadjiban itoe djadi fardloe kifayah (jang tjoekoep kalaoe dikerdjakan sebagian sadja…).” (Hadlaratus Syeikh KH Hasyim Asy’ari, 1945)

Petikan di atas merupakan penggalan isi Resolusi Jihad NU yang dibacakan Hadlaratus Syeikh KH Hasyim Asy’ari, Rais Akbar Nahdlatul Ulama kala itu, 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad NU menjadi pijakan perjuangan hingga mencapai puncaknya pada peristiwa 10 November di Surabaya yang juga diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Atas dasar inilah setiap 22 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Santri Nasional. Hari Santri Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan tersebut memberi pengakuan bahwa ulama dan santri pondok pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia dan mempertahankan NKRI serta mengisi kemerdekaan.

Mari kita meriahkan Hari Santri 2018.

Instagram : nutv.id Website : nutv.id

Subscribe channel NUtv untuk terus mengikuti perkembangan berita dan dakwah Nahdlatul Ulama.

NUtv Menyebarkan Islam yang Damai

#harisantri #nahdlatululama #kyaisaid

Categories BERITA NU
Related Videos